Mobil Mazda Gunakan Lemak Babi untuk Balapan

on Sabtu, 16 Februari 2013
Mazda6
Mazda6 (Carscoop)
Meski sebagian produsen mobil sedang mengembangkan dan memproduksi mobil bertenaga hybrid dan listrik, namun berbeda dengan Mazda.

Dilansir Forbes, Selasa 23 Januari 2013, perusahaan otomotif asal Jepang itu menghadirkan Mazda6 yang telah dirombak untuk ajang balap, dan menggunakan bahan bakar diesel sintetis yang terbuat dari lemak hewan, seperti lemak sapi, babi, dan ayam.

Adapun lemak yang digunakan bukan berasal langsung dari hewan yang sengaja dipotong, melainkan dari sisa limbah pabrik pengolahan daging Tyson Foods.

"Kami tidak mengambil makanan dari meja atau bahan baku dari hewan," kata James O'Sullivan, Presiden dan CEO Mazda Amerika Utara.

Mazda memiliki sejarah panjang dalam hal penggunaan dan keterlibatan mencoba teknologi baru motorsport. "Kami menggunakan arena pacuan kuda sebagai fasilitas R&D," kata John Doonan, Director of Motorsports for the Company.

Mazda6 yang memiliki tenaga hingga 400 Hp dengan torsi 450 ft-lb tersebut akan digunakan di ajang balap Daytona International Speedway 2013 akhir pekan ini, yang berlangsung selama 24 jam.

Dalam perlombaan itu, Mazda akan menguji ketahanan mesin SKYACTIV serta menjajal bahan bakar diesel sintetis yang terbuat dari lemak.

Adapun bahan bakar diesel sintetis ini diproduksi oleh Dynamic Fuels, yang merupakan kerja sama antara Tyson Foods dan Syntroleum

0 komentar:

Posting Komentar