Ditemukan, Spesies Baru Dinosaurus Herbivora

on Selasa, 12 Maret 2013


Adalah spesies ornithopod dan belum diberi nama.


Clint Boyd memperlihatkan salah satu fosil dinosaurus herbivora
Clint Boyd memperlihatkan salah satu fosil dinosaurus herbivora (phys.org)
- Seorang asisten profesor dan timnya di South Dakota School of Mines & Technology telah menemukan spesies baru dinosaurus jenis herbivora.
Temuan itu didasarkan pada temuan fosil pertama dari gigi seekor crocodyliform -reptil purba yang merupakan cikal bakal buaya-, di mana terdapat jejak dinosaurus herbivora berukuran kecil, atau mungkin bayi.


Dialah Clint Boyd, asisten profesor sekaligus kepala peneliti, yang menemukan bukti definitif pertama sekaligus menyimpulkan bahwa bayi ornithopod -dinosaurus kecil, herbivora, umumnya memiliki dua kaki, hidup di era Mesozoic (250 hingga 65 juta tahun yang lalu)- adalah mangsa dari crocodyliform, buaya purba yang sudah punah.

Awalnya, Boyd dan tim hanya mengamati fosil-fosil crocodylform untuk studi. Namun, tak sengaja mereka menemukan fosil tulang paha milik spesies dinosaurus herbivora kecil yang belum pernah dikenali sebelumnya, dan tentunya belum punya nama.


Temuan fosil gigi crocodyliform yang ditemukan di fosil tulang paha (femur) ornithopod. (phys.org)
Bukti tersebut ditemukan para peneliti di Grand Staircase Escalante National Monument, Utah bagian Selatan. Dan, telah dipublikasi di jurnal akademis PLOS ONE (Public Library of Science ONE) pada 27 Februari 2013.

Sejumlah besar gigitan tulang berukuran kecil milik ornithopod ini ditemukan dalam kelompok-kelompok yang terbesar di empat titik sekitar taman di Utah, tempat yang diyakini para ahli paleontologi dan ahli geologi sebagai habitat crocodyliform, sekaligus lokasi "pembantaian" ornithopod sepanjang 1-2 meter.

Buktinya cukup kuat, di mana gigitan crocodyliform pada tulang paha ornithopod masih menancap dan membekas.

Boyd menilai, penemuan ini sangat penting bagi para ilmuwan mengingat sejarah dinosaurus digambarkan sebagai spesies yang dominan di jaman purba.

"Ide tradisional di benak Anda berdasarkan literatur populer yang ada saat ini, adalah ketika bayi dinosaurus kecil keluar dari sarangnya, atau mungkin berada di satu tempat sendiri, mereka biasanya khawatir dengan therepoda -dinosaurus ganas, contohnya T-Rex-. Kini, terbuka sebuah dimensi baru," ujar Boyd, dilansir Phys.org, Senin 4 Maret 2013.

"Mereka (kawanan dinosaurus herbivora) juga mendapat ancaman serangan dari sungai, para crocodyliform. Bisa dikatakan, spesies ini diserang dari berbagai sisi," jelasnya.
Lanzhosaurus, salah satu spesies ornithopod yang populer. (dinosaurs.about.com)
Jika mengamati fragmen gigi yang menancap pada fosil tulang, para peneliti berkesimpulan, bahwa crocodyliform yang memangsa hanya berukuran kecil, panjangnya tidak lebih dari dua meter. Namun, seekor spesies yang lebih besar, sangat mungkin dari spesies crocodyliform, yang menyantap habis mangsanya

0 komentar:

Posting Komentar