on Senin, 12 November 2012

Contek Desain Jam, Apple Didenda Rp199 Miliar

Penyelesaian kasus ini rahasia. Namun, telah bocor di sebuah situs.

Selasa, 13 November 2012, 06:39Bayu Galih, Tommy Adi Wibowo
Perusahaan Apple
Perusahaan Apple (businessinsider.com)(businessinsider.com)

VIVAnews - Apple dilaporkan membayar £13 juta atau sekitar Rp199 miliar untuk kompesansi kepada perusahaan SBB, yang merupakan Operator Kereta Api Nasional Swiss. Mengapa? Apple ketahuan menggunakan desain jam terkenal milik SBB tanpa izin.

Perusahaan asal Amerika serikat itu setuju pada bulan Oktober akan membayar hak paten tersebut agar dapat terus menggunakan desain jam milik SBB Swiss. Desain jam yang menjadi ikon stasiun kereta api milik SBB di Swiss ini telah digunakan pada tampilan jam di iPad dan iPhone.

Penyelesaian kasus ini sebenarnya rahasia. Namun, se[erti dilansir dari Daily Mail, surat penyelesaian kasus telah bocor di sebuah situs, mengutip dari laporan sumber yang tidak dicantumkan namanya.

Kasus ini berawal ketika Apple memperkenalkan desain tampilan jam pada perangkat barunya yang menggunakan sistem operasi terbaru iOS6.

Pihak perusahaan SBB menolak untuk mengkonfirmasi laporan tersebut. Namun, SBB menegaskan pada bulan Oktober lalu telah dicapai kesepakatan antara operator kereta api Swiss dengan perusahaan asal Silicon Valley itu terkait lisensi desain jam tersebut.

SBB mengatakan, untuk penggunaan desain tampilan jam pada perangkat Apple di iPad dan iPhone, kedua belah pihak telah bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan dalam perjanjian penggunaan lisensi desain jam yang menjadi ikon di stasiun kereta api milik SBB.

Menurut SBB, desain jam itu merupakan ikon yang tidak kehilangan daya tariknya di era digital. "Bahkan sekarang desain tersebut melambangkan inovasi dan keandalan kualitas yang dikaitkan dengan SBB dan Swiss," demikian pernyataan SBB.

Juru bicara SBB, Reto Kormann, menegaskan di bulan September, Apple tidak meminta izin saat menggunakan desain jam tersebut. "Kami telah memberitahu Apple, bahwa hak penggunaan desain jam itu adalah milik kami," kata Reto Kormann.

Ia menambahkan, meskipun terjadi kasus hukum, SBB bangga desain jam yang menjadi ikon stasiun kereta api di Swiss telah digunakan oleh perusahaan besar yang sukses.

Desain tampilan jam itu diciptakan oleh Hans Hilfiker pada tahun 1944 dan sampai sekarang digunakan di stasiun kereta api milik SBB. Kemudian perusahaan pembuat jam Mondaine membantu menyebarkan desain tampilan jam tersebut keseluruh dunia setelah mendapatkan lisensi dari operator kereta api SBB.

Hilfiker merancang tampilan jam yang minimalis ini untuk membantu para wisatawan melihat jam dari jarak jauh saat akan menaiki kereta.

Pada tahun 1953, desain jam mengalami perubahan, Hilfiker menambahkan jarum detik berwarna merah pada desain jamnya untuk membantu para pengatur sinyal kereta api dalam mengatur kereta api berhenti. Sehingga, ini memungkinkan jadwal keberangkatan kereta menjadi tepat waktu.

Museum Desain di London dan Museum of Modern Art di New York menyatakan bahwa desain jam karya Hans Hilfiker merupakan contoh desain terbaik dari abad ke-20.

0 komentar:

Posting Komentar