Mengenal Manfaat Buah Duku

on Sabtu, 17 November 2012

Buah Duku, foto: mekarsari
Duku adalah buah khas Asia Tenggara sebelah barat. Buah ini merupakan buah yang sifatnya musiman, dalam satu tahun hanya sekali masa panen buah duku. Buah yang mempunyai nama latin Lansium Domesticum ini jika sudah masak maka warna buahnya kuning dan rasanya manis. Namun jika belum masak warna hijau dan rasanya asam.
Buah duku yang terkenal di Indonesia adalah buah duku asal Palembang. Karena rasanya yang manis dan bijinya sedikit. Namun, penghasil utama buah duku adalah beberapa wilayah di Sumatra selatan, jambi. Selain itu pulau Jawa di wiliayah seputaran Jakarta, Tegal, Purbalingga, Yogyakarta, Karanganyar, Rembang dan Kudus merupakan penghasil buah duku.
Selain rasanya lezat duku juga sering digunakan sebagai bahan obat tradisional. Beberapa bagian tanaman duku digunakan sebagai bahan obat tradisional contohnya ialah :
-        Biji duku yang pahit rasanya, ditumbuk dan dicampur air untuk obat  cacing dan juga obat demam.
-       Kulit kayunya dimanfaatkan sebagai obat disentri dan malaria.
-       Sementara tepung kulit kayu ini dijadikan tapal untuk mengobati gigitan kalajengking.
-        Kulit buahnya juga digunakan sebagai obat diare.
-       Kulit buah yang dikeringkan, di Filipina biasa dibakar sebagai pengusir  nyamuk.
-       Dan buah ini mampu mencegah penyakit kanker.
Manfaat buah duku ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah duku ini, anda bisa memenuhi setiap  energi yang dibutuhkan setiap hari oleh tubuh anda sekaligus dapat menghindarkan kita dari beberapa penyakit yang sangat berbahaya.
Selamat mencoba?..
sumber : id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar